Modul 9

Posted: Desember 26, 2010 in Praktikum Linux

LAPORAN

PRAKTIKUM LINUX

ROUUTING

Hasan Fadli
123090089
PLUG 11

Asisten : I Putu Jistha M

 

TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA
2010

 

 

BAB I

DASAR TEORI

Pengertian dari routing adalah proses dimana suatu router memforward paket ke jaringan yang dituju. Suatu router membuat keputusan berdasarkan IP address yang dituju oleh paket. Semua router menggunakan IP address tujuan untuk mengirim paket. Agar keputusan routing tersebut benar, router harus belajar bagaimana untuk mencapai tujuan. Ketika router menggunakan routing dinamis, informasi ini dipelajari dari router yang lain. Ketika menggunakan routing statis, seorang network administrator mengkonfigurasi informasi tentang jaringan yang ingin dituju secara manual.

Ada 3 jenis routing yaitu routing statis, routing default dan routing dinamis.

Routing statis terjadi jika Admin secara manual menambahkan route-route di routing table dari setiap router. Routing statis memiliki kentungan-keuntungan diantaranya tidak ada overhead (waktu pemrosesan) pada CPU router (router lebih murah dibandingkan dengan routeng dinamis), tidak ada bandwidth yang digunakan di antara router, routing statis menambah keamanan, karena administrator dapat memilih untuk mengisikan akses routing ke jaringan tertentu saja. Sedangkan kerugiannya yaitu administrasi harus benar-benar memahami internetwork dan bagaimana setiap router  dihubungkan untuk dapat mengkonfigurasikan router dengan benar, jika sebuah network ditambahkan ke internetwork, administrasi harus menambahkan sebuah route kesemua router secara manual, routing statis tidak sesuai untuk network-network yang besar karena menjaganya akan menjadi sebuah pekerjaan full-time sendiri.

Routing default digunakan untuk mengirimkan paket-paket secara manual menambahkan router ke sebuah network tujuan yang remote yang tidak ada di routing table, ke router hop berikutnya. Bisanya digunakan pada jaringan yg hanya memiliki satu jalur keluar.

Routing dinamis  adalah ketika routing protocol digunakan untuk menemukan network dan melakukan update routing table pada router. Dan ini lebih mudah daripada menggunakan routing statis dan default, tapi ia akan membedakan Anda dalam hal proses-proses di CPU router dan penggunaan bandwidth dari link jaringan.

Protocol tidak lain deskripsi formal dari set atau rule-rule dan konversi yang menentukan bagaimana device-device dalam sebuah network bertukar informasi. Berikut dua tipe dasar protocol.

  • Routed protocol

Merupakan protokol-protokol yang dapat dirutekan oleh sebuah router. Routed protocol memungkinkan router untuk secara tepat menginterpretasikan logical network.  Contoh dari routed protocol : IP, IPX, AppleTalk, dan DECnet.

  • Routing protocol

Protokol-protokol ini digunakan untuk merawat routing table pada router-router. Contoh dari routing protocol diantaranya OSPF, RIP, BGP, IGRP, dan EIGRP.

BAB II

PEMBAHASAN

Ceklah apakah komputer kita sudah memiliki alamat IP dengan perintah ifconfig.

Buatlah IP address bayangan pertama (eth0:1) dan kedua (eth0:2), lalu cek denga ifconfig.

Kita akan mulai bisa melihat table routing dengan perintah sudo route -n

Kemudian mengubah nilai default dari file /proc/sys/net/ipv4/ip_forward yang semula 0 menjadi 1 dengan perintah sudo echo “1” > /proc/sys/net/ipv4/ip_forward

Lalu me-route-kan host network dengan perintah sudo route add default gw 192.168.123.4 dan mengeceknya.

Setelah itu, kita bisa juga mengeceknya dengan ping.

 

 

BAB III

KESIMPULAN

Fungsi routing digunakan untuk proses pengambilan sebuah paket dari sebuah alat dan mengirimkan melalui network ke alat lain disebuah network yang berbeda.

Jika network Anda tidak memiliki router, maka jelas Anda tidak melakukan routing. Untuk bisa  melakukan routing paket, ada hal-hal yang harus diketahui alamat tujuan, router-router tetangga dari mana sebuah router bisa mempelajari tentang network remote, route yang mungkin ke semua network remote, route terbaik untuk setiap network remote.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s